Penumpang Terus Berdatangan di Stasiun Gambir

Red: Damanhuri Zuhri

Sabtu 25 Jul 2015 19:09 WIB

Puncak Arus Mudik Stasiun Gambir: Calon penumpang berada diruang tunggu Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (14/7). Foto: Republika/ Yasin Habibi Puncak Arus Mudik Stasiun Gambir: Calon penumpang berada diruang tunggu Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (14/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Jakarta Bambang Setiyo Prayitno mengatakan arus balik di Stasiun Gambir pada hari ketujuh setelah perayaan Idul Fitri 1436 Hijriah atau H+7 masih akan bertambah.

"Arus balik penumpang di Stasiun Gambir pada H+7 ini masih akan meningkat. Bahkan, diperkirakan kedatangan penumpang masih akan terjadi sampai pekan depan," kata Bambang di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu.

Menurut dia, terhitung sejak pukul 03.42 hingga 13.02 WIB, di Stasiun Gambir tercatat sudah ada sebanyak 17 kedatangan kereta dengan total penumpang secara keseluruhan mencapai 5.940 orang.

"Jumlah tersebut baru terhitung sampai pukul 13.02 WIB, masih sementara. Sedangkan, jumlah penumpang masih akan terus meningkat sampai kedatangan kereta terakhir pada hari ini, lalu berlanjut sampai hari-hari besok," ujar Bambang.

Berdasarkan data PT KAI, total kedatangan penumpang di Stasiun Gambir sejak H+1 hingga H+7 Lebaran terus mengalami penambahan, yakni pada H+1 sebanyak 11.049 orang, H+2 sebanyak 11.708 orang, H+3 sebanyak 11.906 orang, H+4 sebanyak 11.961 orang, H+5 sebanyak 11.597 orang dan pada H+6 mencapai 11.808 orang.

"Jika menjelang Lebaran arus penumpang banyak yang menuju ke timur (mudik), sekarang akan dipenuhi arus kedatangan atau arus balik. Secara umum, kondisi arus mudik maupun arus balik terpantau lancar," tutur Bambang.

Berdasarkan informasi dari Posko Humas PT KAI di Stasiun Gambir, kereta terakhir yang akan datang pada hari ini, yaitu Kereta Argo Parahyangan dari Bandung yang tiba pada pukul 22.34 nanti malam.

Sedangkan, kereta terakhir yang akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir adalah kereta tambahan Taksaka Malam jurusan Gambir-Yogyakarta yang nantinya berangkat pada pukul 23.35 WIB.

Terpopuler