Hindari Macet di Gerbang Cipali, Pemudik Pilih Lewat Simpang Jomin

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Agung Sasongko

Rabu 22 Jul 2015 15:36 WIB

Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat. Foto: Antara Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Gelombang kendaraan arus balik dari Pantura arah Jakarta menumpuk di Simpang Jomin, Cikampek Rabu (22/7) siang. Penyebabnya, arus balik arah Jakarta bertemu dengan sejumlah kendaraan yang hendak mengakses jalur Pantura.

Selain itu, rombongan sepeda motor arah balik Jakarta juga saling melaju menuju Karawang melintasi Simpang ini. Dominasi kendaraan tampak berimbang antara roda dua, mobil pribadi dan bus umum.

Kepadatan di Simpang Jomin berimbas pada tersendatnya arus lurus arah Karawang dan ke kiri menuju pintu masuk Tol Cikampek. Para petugas kepolisian mengambil langkah penutupan rute dari arah Karawang berbelok ke kanan arah Purwakarta.

Sampai siang ini kepadatan di Simpang Jomin masih berlangsung. Pemandangan tersebut berbeda dengan kondisi mudik. Para pebalik mobil pribadi mengaku lebih memilih terhenti sesaat di Simpang Jomin ketimbang harus mengantre kepadatan di Tol Cipali.

"Kalau balik lewat Tol Cipali di gerbang masuk macet, di jalan tolnya merayap lalu macet lagi jelang pintu keluar, jadi lebih baik lewat arteri Pantura saja," kata Rahardian (36 tahun) pemudik asal Cirebon.

Terpopuler