Jalan Raya Garut Padat Merayap

Red: Ani Nursalikah

Rabu 22 Jul 2015 15:32 WIB

 Antrean kendaraan arus balik pemudik memadati ruas Jalur Selatan di Tanjakan Lingkar Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (21/7). Foto: Antara/Adeng Bustomi. Antrean kendaraan arus balik pemudik memadati ruas Jalur Selatan di Tanjakan Lingkar Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Jalan raya dari arah Tasikmalaya menuju Bandung terpantau padat merayap pada arus balik H+5 lebaran, Rabu (22/7).

Dari pantauan, kemacetan terjadi sepanjang jalan Lingkar Gentong, Tasikmalaya hingga Limbangan, Garut. Jalanan didominasi oleh bus yang menuju Bandung dan Jakarta serta mobil pribadi.

Kemacetan karena banyaknya volume kendaraan, sementara ruas jalan yang ada hanya dapat dilalui dua jalur. Menurut salah satu penumpang bus Ridwan yang sedang beristirahat, keadaan ini tidak biasanya terjadi.

"Mungkin orang balik, biasanya sih jalanan tidak sepadat ini," kata pria yang sering bolak-balik Bandung-Tasikmalaya.

Kemacetan ini juga dimanfaatkan sebagian pedagang asongan untuk menjual makanan seperti kacang, tahu sumedang, bacang, minuman kemasan serta rokok. Di Lingkar Gentong, Tasikmalaya kedua jalur ditutupi oleh kendaraan yang melaju dari Bandung ke Tasikmalaya.