H+4 Tengah Malam, Lalu Lintas Pantura Lancar

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Rabu 22 Jul 2015 00:19 WIB

Sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor melintas di jalur pantura Tegal karang, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (21/7). Foto: Antara/Dedhez Anggara Sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor melintas di jalur pantura Tegal karang, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, PANTURA -- Jalur arteri Pantura arah balik  Jakarta ramai lancar pada Selasa (21/7) malam ini. Arahan kepolisian yang menyarankan para pebalik asal Jawa Tengah untuk melintasi arteri Pantura ketimbang Tol Cipali tampak berbuah nyata.

Sempat terjadi kepadatan padat saat arus balik memasuki daerah Cirebon dari Brebes hingga harus dialihkan ke utara Indramayu. Namun, saat mulai memasuki Pamanukan arus lalu lintas kembali lancar jaya.

Memasuki Cikampek, arus balik yang didominasi motor dan mobil pribadi serta truk lantas terurai di Simpang Jomin. Sebagian besar mobil pribadi dan truk memilih untuk berbelok ke kiri menuju gerbang Tol Cikampek di Purwakarta. Lainnya, termasuk gelombang roda dua memilih lurus melintasi Karawang menuju Bekasi.

Kepadatan sempat kembali terjadi di pertigaan gerbang masuk Tol Cikampek-Jl Raya Cikopo saat kendaraan balik arah Jakarta bertemu dengan arus dari Kota Purwakarta. Salahseorang pebalik roda empat asal Brebes arah Jakarta Ramadina (45 tahun) mengaku sengaja mengarahkan kendaraannya memasuki arteri Pantura daripada melintasi Tol Cipali.

Selain karena sudah mengetahui jalur Pantura lancar dibanding Tol Cipali ia juga berujar ingin bersantai sambil beristirahat di kedai-kedai makanan di tepi rute ini. "Tahun lalu mudik lewat sini, tapi kemarin lewat Tol Cipali, sekarang ingin lewat Pantura saat balik karena justru lebih lengang, paling ya harus hati-hati karena banyak rombongan motor ngebut," kata dia.

Sementara itu, sejumlah titik kerawanan baik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas seperti di Jl Raya Patok Besi Pamanukan, Subang hingga Simpang Jomin tampak para petugas kepolisian bersiaga mengamankan.