Jalur Alternatif Kalijati Lengang

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Yudha Manggala P Putra

Selasa 21 Jul 2015 18:31 WIB

Ribuan kendaraan memadati gerbang tol keluar Palimanan Jalan Tol Cipali, Jawa Barat, Selasa (14/7) dini hari. Foto: Republika/Raisan Al Farisi Ribuan kendaraan memadati gerbang tol keluar Palimanan Jalan Tol Cipali, Jawa Barat, Selasa (14/7) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Kasat Lantas Polres Subang AKP Ridwan menyatakan pihaknya sudah menyiapkan personel dan jalur alternatif Kalijati untuk mengantisipasi lonjakan arus balik. Jika terjadi kepadatan melebihi 20 kilometer dari gerbang Cikopo tol Cikopo-Palimanan (Cipali) maka arus kendaraan akan digiring menuju gerbang Kalijati di KM 98.

"Pada hari ini (21/7) sudah dua kali kendaraan kami arahkan menuju Kalijati untuk mengurangi beban di Cikopo," kata Ridwan kepada Republika.

Ridwan menjelaskan, dari Kalijati pemudik arah Jakarta akan dipandu petugas lapangan untuk menuju Sadang, Purwakarta. Dari Sadang, pemudik bisa menggunakan tol Jakarta-Cikampek atau jalur pantura via Karawang.

Meski begitu, berdasarkan pantauan Republika, kondisi jalur alternatif ini tampak lengang.

Ridwan mengatakan, kondisi jalur Kalijati-Sadang laik jalan. Meski begitu, ada sejumlah ruas jalan yang belum diberi garis marka jalan.

Ridwan pun mengimbau agar pengemudi tetap konsentrasi dan menaati aturan lalu lintas. Terlebih, kondisi jalan yang minim penerangan membutuhkan konsentrasi penuh pengendara pada saat malam hari.

Terpopuler