Strategi Contra Flow Tol Cikampek akan Diperpanjang Empat Kilometer

Rep: c36/ Red: Satya Festiani

Selasa 21 Jul 2015 17:09 WIB

Arus balik dari Tol Cikampek menuju Jakarta. Foto: Republika/Tahta Aidilla Arus balik dari Tol Cikampek menuju Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Strategi contra flow yang diterapkan untuk mengurai kepadatan di Tol Cikampek, Selasa (21/7) sore rencananya akan diperpanjang sekitar empat kilometer. Saat ini, perpanjangan masih dalam proses persiapan.

Berdasarkan keterangan sentra komunikasi Pos Jasa Marga, Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2015, tercatat contra flow rencananya akan diperpanjang mulai kilometer 65 hingga kilometer 59+800. Sebelumnya, contra flow telah diterapkan dari kilometer 61+600 hingga kilometer 59+800.

Petugas harian pos, Denny Jaelani, mengatakan contra flow nantinya akan mengalihkan kepadatan di kawasan rest area kilometer 62. Kepadatan lalu lintas akan diurai setelah kilometer 66 Simpang Dawuan.

"Perpanjangan masih dalam persiapan. Jadi belum resmi.  Kondisi terakhir di sekitar rest area kilometer 62 masih padat, malah justru bertambah sejak kilometer 81," ujar Denny.

Menurutnya, saat ini kendaraan hanya bisa dipacu dengan kecepatan di bawah 30 kilometer per jam.  Pengendara diimbau menjaga jarak aman laju kendaraan.

Sebelumnya, contra flow mulai dilakukan pukul 15.00 WIB. Kepadatan lalu lintas sepanjang 18 kilometer terjadi akibat dampak aktivitas keluar-masuk rest area kilometer 62 dan semakin bertambahnya volume kendaraan pada H+3 lebaran.

 

Terpopuler