Arus Balik Mudik dari Ciamis Padat

Rep: C12/ Red: Angga Indrawan

Selasa 21 Jul 2015 01:24 WIB

Sejumlah pemudik kendaraan roda dua istirihat di kawasan Lingkar Nagreg, Jawa Barat Foto: Republika/Adhi Wicaksono/ca Sejumlah pemudik kendaraan roda dua istirihat di kawasan Lingkar Nagreg, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CILEUNYI -- Kasatlantas Polres Bandung AKP Eko Munarianto menyatakan arus balik mudik yang melintasi jalur Nagreg pada tiga hari setelah lebaran mengalami peningkatan jumlah kendaraan.

"Ada peningkatan untuk arus balik H+3 lebaran ini, khususnya yang dari Ciamis, Garut, menuju Bandung," kata Eko, Senin (20/7).

Ia menambahkan, titik kemacetan tetap ada di Pasar Limbangan. Sebab, kata dia, setelah melintasi kawasan itu, kendaraan dapat melaju dengan lancar. "Apalagi setelah memasuki lingkar Nagreg, semuanya menggunakan tiga lajur, sehingga tidak ada kendala," kata dia.

Selain Pasar Limbangan, lanjut dia, titik kemacetan juga ada di Lingkar Barat Nagreg. Di situ, memang terdapat pedagang oleh-oleh musiman sehingga membuat banyak kendaraan berhenti di titik itu. "Lalu tiitik kemacetan juga di Jalan Dangdeur, Rancaekek, karena ada pasar tumpah, lalu juga di Terminal Cileunyi," tutur dia.

Titik kemacetan di Cileunyi tersebut, jelas dia, yakni terjadi di terminal Cileunyi, di mana di situ merupakan pertigaan yang mempertemukan antara arah Kota Bandung, timur dan tengah Sumedang. 

Pihaknya bakal mengantisipasi titik kemacetan di Cileunyi dengan melakukan rekayasa jalan. "Kita akan prioritaskan untuk merekaya jalan terutama di terminal Cileunyi," ujar dia. 

Terpopuler