Arus Balik di Jalinsum Baturaja Mulai Ramai

Red: Satya Festiani

Senin 20 Jul 2015 22:40 WIB

Jalan Lintas Sumatera/Jalinsum (ilustrasi). Foto: Republika/Maspril Aries Jalan Lintas Sumatera/Jalinsum (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Arus balik menggunakan mobil dan sepeda motor di Jalan Lintas Sumatera wilayah Kota Baturaja, Sumatera Selatan, Senin (20/7) atau Lebaran hari ketiga mulai padat, ditandai banyaknya konvoi kendaraan dengan nomor polisi luar Sumatera.

Pantauan di jalan lintas Sumatera tersebut mulai tengah hari hingga malam terlihat konvoi kendaraan pribadi semakin padat, namun masih terbilang lancar.

Warga yang baru berlebaran bersama keluarga mulai ramai kembali pulang baik menggunakan mobil pribadi maupun bus penumpang umum melintasi jalan wilayah Kota Baturaja ibu kota Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menuju Kota Palembang dan ke Jakarta untuk persiapan beraktivitas seperti biasa.

Warga yang pulang menggunakan mobil pribadi menyempatkan diri mampir di Kota Baturaja berbelanja oleh-oleh.

Menurut Herry, salah satu pemudik baru pulang dari Padang Sumatera Barat bahwa ia memang tidak terlalu buru-buru karena masih ada waktu satu hari lagi yang diharapkan Selasa (21/7) sampai di Jakarta untuk melaksanakan tugas rutin sehari-hari sebagai PNS setelah pulang berlebaran bersama keluarga di kampung.

Seperti tampak di toko swalayan Kota Baturaja yang menjual aneka kuliner khas Palembang para karyawannya sibuk melayani pembeli baik penduduk setempat maupun pendatang yang sengaja mampir sejenak sekadar membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Menurut Burhan pedagang makanan khas kerupuk kemplang di kota tersebut bahwa pascalebaran tahun ini memang ia sudah menambah jumlah stok barang untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan sebagai oleh-oleh warga setelah kembali dari berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.

 

Terpopuler