Pemudik Banyak Alami Kelelahan

Red: Agung Sasongko

Senin 20 Jul 2015 19:45 WIB

Puncak Arus Mudik Stasiun Gambir: Calon penumpang berada diruang tunggu Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (14/7). Foto: Republika/ Yasin Habibi Puncak Arus Mudik Stasiun Gambir: Calon penumpang berada diruang tunggu Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (14/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pemudik yang melalui Stasiun Senen dan Gambir banyak yang mengeluhkan kelelahan akibat perjalanan jauh. Data posko kesehatan Gambir menyebutkan kunjungan ke posko tersebut meningkat dan sebagian besar pemudik mengalami kelelahan.

"Hari ini ada delapan pasien yang datang sementara kemarin ada sekitar 11 pasien," ujar Tenaga Medis di Posko Kesehatan Gambir, Upie, di Jakarta, Senin (20/7). Selain kelelahan, pemudik juga banyak mengeluhkan alami pusing, batuk, tenggorokan sakit, hipertensi maupun maag.

"Hal itu disebabkan daya tahan tubuh menurun, terus tidak makan akibatnya maag. Sementara yang punya riwayat hipertensi, maka tensinya jadi naik," jelas Upie.

Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada pasien yang dirujuk ke fasilitas kesehatan. "Alhamdulillah, semua bisa ditangani (petugas posko kesehatan)," ujar Upie.

Pemudik yang mengalami gangguan kesehatan bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan menunjukkan tiket. "Keluarga penumpang juga bisa berobat di posko ini," tambah Upie.

Sementara di posko kesehatan Stasiun Senen, jumlah kunjungan juga mengalami peningkatan. "Di Stasiun Senen, keluhan pemudik lebih didominasi pingsan dan sesak nafas," kata petugas kesehatan di Posko Kesehatan Senen, Raup.

Menurut Raup, kondisi tersebut wajar terjadi karena jumlah pemudik yang melalui Stasiun Senen lebih banyak dari Gambir. "Akan tetapi jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kondisi pada saat ini lebih teratur," tukas Raup.

Terpopuler