Jelang Puncak Arus Balik, Lalu Lintas di Cileunyi Dipantau

Rep: c05/ Red: Bilal Ramadhan

Senin 20 Jul 2015 18:00 WIB

 Sejumlah angkutan umum mengantre untuk menanti penumpang di simpang Tol Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/7).  (Republika/Rakhmawaty La'lang) Sejumlah angkutan umum mengantre untuk menanti penumpang di simpang Tol Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Memasuki momen arus balik, Polres Bandung berencana memusatkan pantaun lalu lintas di Cileunyi. Ini karena daerah tersebut menjadi pusat pertemuan arus pemudik dari berbagai kota.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bandung, AKP Eko Munarianto menjelaskan posko utama yang saat ini berada di Nagreg akan dipindahkan ke Cileunyi. Hal tersebut akan dilakukan menginjak H+4 Lebaran.

"Supaya kita lebih efektif dalam mengatur lalu lintas yang ada," ungkapnya saat dihubungi Republika, Senin (20/7).

Dia menyatakan Cileunyi saat arus balik akan menjadi titik sentral. Dimana di simpang Cileunyi akan menjadi pusat pertemuan arus dari Kota Bandung, dari timur dan dari tengah. Nantinya di sana diprediksi akan padat dan ramai oleh kendaraan.

 

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya sudah merencanakan rekayasa lalu lintas semisal terjadi kemacetan di sana. Yakni akan menerapkan kanalisasi arus lalu lintas. "Kita akan terapkan di Jalan Bander yang terdapat Pasar Tumpah dan juga di sekitar terminal bayangan di Cileunyi," jelasnya.

Selain itu pihaknya juga akan bekerja sama dengan pihak Jasa Marga. Dimana pintu masuk ke gerbang Tol Cileunyi, diterapkan sistem manual palang pintu. Ini agar arus yang masuk ke tol itu dapat tertarik dgn cepat.