Mayoritas Umat Islam Rayakan Idul Fitri Hari Jumat

Rep: imam arifin/ Red: Damanhuri Zuhri

Senin 20 Jul 2015 15:17 WIB

Komunitas Muslim Indonesia di AS menyambut Idul Fitri 1436 H, Jumat waktu setempat. Foto: VOA Komunitas Muslim Indonesia di AS menyambut Idul Fitri 1436 H, Jumat waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL-- warga Turki dan mayoritas Muslim di seluruh dunia merayakan Hari raya idul Fitri pada hari Jumat, sementara beberapa yang lannya juga merayakannya pada hari Sabtu.

Otoritas keagamaan di Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Yordania, Kuwait, Palestina, Mesir, Ethiopia, Indonesia, Tanzania, Afrika Selatan dan Uganda mengumumkan 1 syawak jatuh pada Jumat sebagai hari pertama liburan Idul Fitri setelah penampakan bulan baru pada hari Kamis.

sementara itu, seperti yang dilansir Anadolu Agency,  Kamis, (16/7), negara-negara lain seperti, Irak, India, Pakistan dan Bangladesh yang memulai liburan Sabtu. Pesta keagamaan ditentukan oleh kalender.

Meskipun memiliki 12 bulan seperti kalender Gregorian, kalender lunar melayang setiap tahun surya sebesar 11 sampai 12 hari.

Dengan demikian, pemerintah daerah perlu menentukan hari perayaan setiap tahun dengan penampakan bulan baru mengumumkan hari raya idul fitri. Idul Fitri dimulai Jumat di Turki dan berlangsung hingga Ahad.

Terpopuler