Pengunjung Padati Objek Wisata di Semarang

Red: Bilal Ramadhan

Senin 20 Jul 2015 16:15 WIB

Lawang Sewu Foto: wordpress Lawang Sewu

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ribuan pengunjung dari berbagai daerah memadati berbagai tempat objek wisata yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada libur Lebaran 2015.

Berdasarkan pantauan di Semarang, Senin, sejumlah objek wisata mulai dari wahana bermain air, taman margasatwa, hingga bangunan tua peninggalan zaman Belanda, terlihat ramai dikunjungi wisatawan.

Direktur Operasional Objek Wisata Air "Water Blaster" Soemitro mengatakan bahwa jumlah pengunjung di wahana air yang terletak di kawasan Jangli itu pada libur Lebaran 2015 mengalami peningkatan dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

"Pada Minggu (19/7) atau H+1 Lebaran 2015, jumlah pengunjung di 'Water Blaster' mencapai puncaknya dengan 4.390 pengunjung, sedangkan pada Lebaran hari pertama dan kedua tercatat 1.100 pengunjung serta 3.600 pengunjung," katanya.

Ia menjelaskan bahwa harga tiket masuk Water Blaster selama libur Lebaran 2015 atau periode 16-26 Juli 2015 sebesar Rp70.000. "Kendati lebih mahal dibandingkan harga tiket masuk pada hari biasa, para pengunjung yang menggunakan katalog 'Water Blaster' tetap akan mendapat potongan harga sebesar 50 persen," ujarnya.

Menurut dia, semua wahana air yang ada di "Water Blaster" diminati oleh para pengunjung yang datang bersama dengan keluarga masing-masing. "Semua wahana air diminati oleh pengunjung, mulai dari wahana ember tumpah, 'family slide', 'blaster warrior', 'lazy river', 'bumper boat', dan pendulum," katanya.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Taman Margasatwa Semarang Kusyanto menyebutkan bahwa jumlah pengunjung di objek wisata yang terletak di perbatasan Kota Semarang dengan Kabupaten Kendal itu mencapai puncaknya pada H+1 Lebaran 2015 dengan 17.000 pengunjung.

Sementara itu, wisatawan juga terlihat memadati bangunan peninggalan zaman Belanda yang terletak di tengah Kota Semarang dan saat ini menjadi objek wisata Lawang Sewu. Menurut salah seorang petugas tiket masuk, Andra, jumlah pengunjung pada libur Lebaran 2015 di objek wisata bersejarah yang dibangun pada 1904 itu mengalami peningkatan dibandingkan hari-hari biasa.

"Biasanya jumlah pengunjung hanya 1.000 per hari, tapi pada libur Lebaran tahun ini jumlah pengunjung bisa mencapai 3.500 orang per hari dengan harga tiket masuk Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak," ujarnya.