Jasa Marga Tangerang-Jakarta Aktifkan 26 CCTV

Red: Ani Nursalikah

Senin 20 Jul 2015 11:48 WIB

Petugas Area Trafic Control System (ATCS) memantau Closed Circuit Television (CCTV) di kantor Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten, Rabu (8/7). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga Petugas Area Trafic Control System (ATCS) memantau Closed Circuit Television (CCTV) di kantor Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten, Rabu (8/7).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Jasa Marga Tangerang-Jakarta, mengaktifkan kamera CCTV di 26 titik untuk memantau pergerakan kendaraan selama arus balik mudik Lebaran.

Deputy General Manager Traffict Management PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Tangerang Andrie Kustiawan di Tangerang, Senin (20/7) mengatakan seluruh fasilitas telah disiapkan sejak H-7 hingga H+7.

Seperti halnya operasional 73 gerbang tol selama 24 jam, 75 orang Kepala Shift Pengumpulan Tol (KSPT), 385 petugas Pul hingga 144 petugas layanan jalan tol.

Bahkan, pihaknya pun melakukan kerja sama dengan RS Mayapada dengan membuat pos pelayanan kesehatan di Rest Area KM 13,5 Jalur B dan KM 14 Jalur A.

Untuk keamanan, Jasa Marga Tangerang-Jakarta telah membentuk Pos PAM Kamtibmas di enam lokasi. "Jadi, kita juga terbantu dengan kamera CCTV," ujarnya.

Ia mengatakan, peningkatan jumlah kendaraan arus balik mudik Lebaran terjadi saat siang dan malam hari. Walaupun demikian, jumlah kendaraan yang melintas tidak lebih tinggi dari pada hari kerja biasa yang mencapai 348.930 kendaraan per hari.

Pada hari raya saja, terjadi penurunan jumlah kendaraan mencapai 20 persen atau 258.224 kendaraan dalam sehari.

"Kita tetap siaga walaupun adanya penurunan jumlah kendaraan sebab kedatangan pemudik tidak diketahui," ujarnya.