Pengunjung Pantai Klara Menurun

Rep: Eric Iskandarsjah / Red: Julkifli Marbun

Ahad 19 Jul 2015 21:30 WIB

ilustrasi (Republika/Agung Supriyanto) ilustrasi (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Selain merupakan ajang bersilaturahmi, Lebaran juga merupakan momen untuk berwisata. Bagi masyarakat Di Provinsi Lampung, Pantai Klara merupakan salah satu alternatif objek wisata.

Pada lebaran kali ini, pantai yang terletak di selatan Kota Bandar Lampung itu pun kembali dipadati wisatawan. Namun, tampaknya kepadatan wisatawan pada lebaran kali ini terlihat tak seramai saat lebaran pada tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu pedagang makanan dan minuman di Pantai Klara, Hera Aryani (37) mengatakan, pengunjung tahun ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Hal input terlihat dari tidak adanya kemacetan pada jalur utama di sekitar pantai yang berjarak sekitar satu jam perjalanan darat dari Bandar Lampung.

"Biasanya, saat lebaran, di sini selalu macet," katanya kepada Republika saat dijumpai Republika di Pantai Klara, Lampung, pada Ahad (19/7). Kemacetan itu, lanjut dia, tidak terjadi pada lebaran kali ini.

Selain tidak terjadi macet, lebih sepinya pengunjung juga terlihat dari menurunya pendapatan pedagang di sekitar pantai yang memiliki pasir Puti tersebut. "Pendapatan kami menurun hampir 50 persen'" ujarnya.

Berdasar pantauan Republika di Pantai Klara, wisatawan di pantai dengan air laut yang cukup bening itu berasal dari berbagai wilayah. Mulai dari kota-kota besar di Pulau Jawa dan di Sumatera.

Selain air bening yang tampak hijau dan biru dari kejauhan, pantai itu juga dihiasi oleh jajaran pulau-pulau diseberangnya. Selain dapat memanjakan mata, pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam wafer sport mulai dari Kano, jet ski hingga banan boat.

Pengunjung juga dapat menyeberang ke pulau di sekitar Pantai Klara dengan menggunakan perahu yang disediakan oleh masyarakat setempat.

Terpopuler