Ini Jalur Alternatif Saat Exit Tol Cikopo Padat

Rep: c93/ Red: Dwi Murdaningsih

Ahad 19 Jul 2015 18:24 WIB

Sejumlah pengendara mobil membayar tol di loket tambahan saat memasuki jalan tol Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (11/7).  (Republika/Agung Supriyanto) Sejumlah pengendara mobil membayar tol di loket tambahan saat memasuki jalan tol Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (11/7). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Azis Sarifudin memaparkan telah menyiapkan rekayasa untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan arus balik yang ke luar Tol Cikopo. Salah satu rekayasa yang akan dilakukan adalah dengan mengintruksikan kendaraan ke luar melewati pintu tol Kalijati di kilometer 98.

"Jadi nanti kalo memang terjadi penumpukan kita arahkan kendaraan untuk ke luar di Kalijati. Biar antrean gak terlalu panjang di sini (exit tol Cikopo)," kata Azis kepada Republika Online, Ahad (19/7).

Setelah memasuki Sadang, Purwakarta, pengendara bebas memilih arah sesuai tujuannya. Untuk pengendara yang menuju Jakarta, bisa belok ke arah kanan melewati tol Cikampek. Sementara pengendara yang menuju Bandung bisa lurus teru masuk Tol Sadang yang selanjutnya masuk Tol Purbaleunyi.

"Itu kan di Sadang bisa nentuin arah sesuai tujuannya. Kalau ke Jakarta bisa lewat Cikampek, kalau ke Bandung bisa lewat Purbaleunyi," tambah Azis.

Meski begitu, pengendara dihimbau lebih berhati saat ke luar Tol Kalijati. Berdasarkan pantauan, selain jalannya yang terlampau kecil, juga terdapat banyak lubang yang bisa membahayakan.

Terpopuler