Jalur Kadungora Garut Padat Merayap

Rep: c10/ Red: Dwi Murdaningsih

Ahad 19 Jul 2015 18:10 WIB

 Kapolda Jabar, Irjen Pol Moechgiyarto saat melakukan tinjauan kesiapan Operasi Ketupat Lodaya 2015, di Limbangan, Kabupaten Garut, Kamis (25/6).  (foto : Septianjar Muharam) Kapolda Jabar, Irjen Pol Moechgiyarto saat melakukan tinjauan kesiapan Operasi Ketupat Lodaya 2015, di Limbangan, Kabupaten Garut, Kamis (25/6). (foto : Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Hari kedua setelah lebaran di jalur mudik rute Kadungora Kabupaten Garut terjadi penumpukan arus kendaraan. Kendaraan dari arah timur menuju barat dan sebaliknya sama-sama ramai, padat merayap.

KBO Lantas Polres Garut, Iptu Sopian Effendi mengatakan, sejak pagi sampai siang jalur arus lalulintas di jalur mudik rute Kadungora sampai Leles sudah nampak ramai. Sore ini kondisinya padat merayap, namum diupayakan roda kendaraan tetap berputar meski perlahan.

"Arus kendaraan dari arah Bandung menuju Garut maupun dari Garut menuju Bandung sama-sama padat merayap," kata Iptu Sopian kepada Republika Online, Ahad (19/7) sore.

Menurut Iptu Sopian, padatnya volume arus kendaraan sore ini karena ada tiga arus. Pertama masih adanya arus mudik, kedua sudah ada arus balik dan ketiga arus wisata. Banyak masyarakat yang berkendaraan menuju tempat wisata.

Dari pantauan Ahad (19/7) sore, volume kendaraan dari dua arah masih tetap padat. Iptu Sopian mengungkapkan, sejak pagi sampai sore ini hanya berhasil melakukan satu kali sistem one way. Untuk sementara waktu kepolisian belum bisa menjalankan sistem one way lagi karena volume kendaraan dari dua arah sama-sama padat.

"Tidak ada ruang untuk melakukan one way, tapi kami melalukan penarikan arus kendaraan supaya roda-roda kendaraan tetap berputar," ujar Iptu Sopian.

Saat ini arus kendaraan yang menumpuk dari arah Garut ke Bandung melalui rute Kadungora, ekornya ada di Tarogong. Sementara, kepadatan kendaraan dari arab Bandung ke Garut ekornya ada di jalan baru. Yang bisa dilakukan saat ini adalah penarikan arus kendaraan ke dua arah.