Kemenhub Sediakan Angkutan Motor Gratis untuk Arus Balik

Rep: C32/ Red: Yudha Manggala P Putra

Sabtu 18 Jul 2015 21:10 WIB

Pekerja mengemas sepeda motor yang akan dipaketkan di salah satu perusahaan jasa pengiriman di Kawasan Senen Jakarta, Ahad (5/7).  (Republika/Prayogi) Pekerja mengemas sepeda motor yang akan dipaketkan di salah satu perusahaan jasa pengiriman di Kawasan Senen Jakarta, Ahad (5/7). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT. Kereta Api Indonesia bekerja sama untuk membuka kembali angkutan motor gratis untuk arus balik Lebaran Idul Fitri 1436 H. Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, J. A. Barata menyatakan masih ada ketersediaan kuota untuk layanan angkutan motor gratis tersebut.

"Kuota yang masih tersedia sebanyak 770 sepeda motor yang bisa diangkut gratis," kata Barata, Sabtu (18/7).

Ia menambahkan, angkutan tersebut dapat dilakukan melalui Stasiun Kereta Api Pekalongan dengan kuota sebanyak 285 motor. Lalu untuk Stasiun Semarang sebanyak 221 motor, Stasiun Tegal 189 motor, Stasiun Kroya 74 motor, dan Staeiun Lempuyungan sebanyak satu motor.

Untuk itu, Barata mengimbau jika ada masyarakat yang berminat segera untuk mendaftarkan angkutan gratis motor tersebut. "Bisa mendaftar secara online melalui situs kita di mudikgratis.dephug.go.id" jelas Barata.

Selain itu, pendaftaran juga dapat dilakukan secara langsung melalui stasiun-stasiun besar seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan mendaftar secara langsung, para pemudik arus balik bisa menggunakan layanan tersebut selama kuota masih cukup.

Adapun syarat pendaftaran untuk bisa menggunakan layanan angkutan motor gratis tersebut. Pendaftar harus menyertakan fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku dan fotokopi KTP serta SIM yang masih berlaku.

Pelaksanaan arus balik angkutan sepeda motor gratis tersebut akan dilaksanakan selama lima hari mulai 21 Juli 2015. Pengangkutan motor gratis tersebut juga dapat dilakukan melalui jalur lintas utara dan jalur lintas selatan.

Terpopuler