Dirjen Perhubungan Darat Mulai Antisipasi Arus Balik

Rep: c32/ Red: Hazliansyah

Sabtu 18 Jul 2015 18:33 WIB

Arus balik dari Tol Cikampek menuju Jakarta. Foto: Republika/Tahta Aidilla Arus balik dari Tol Cikampek menuju Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Djoko Sasono menyatakan, antisipasi arus balik tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Hanya akan ada sedikit tambahan yang berbeda untuk melengkapi persiapan tersebut.

"Persiapannya nanti tidak akan jauh berbeda dari 2014 lalu, nanti akan ada penambahan saja untuk mengantisipasi pemudik yang kembali ke Jakarta tetap aman," kata Djoko, Sabtu (18/7).

Ia menjelaskan, penambahan persiapan tersebut lebih kepada mengenai perlengkapan rambu lalu lintas yang harus ditaati oleh setiap pengendara. Para pemudik diimbau mentaati rambu lalu lintas terutama di jalur-jalur alternatif.

Selain itu, persiapan yang paling penting adalah untuk pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor.

"Biasanya karena ini arus balik, semangatnya tidak sama seperti arus mudik. Cepat lelah pasti akan dialami oleh pengguna motor saat arus balik," jelas Djoko yang juga sebagai Ketua Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2015.

Selain itu, persiapan tersebut dirasa perlu dilakukan karena perbedaan arus balik dan masyarakat yang melakukan wisata bedanya tipis. Apalagi, lanjut dia, kemungkinan Senin pekan depan peningkatan kendaraan roda empat pada arus balik bisa saja sudah terlihat padat.

Terpopuler