Jumlah Pemudik di Pelabuhan Merak Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Hazliansyah

Sabtu 18 Jul 2015 17:27 WIB

Ratusan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera mengantre masuk kapal feri di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (15/7).  (Republika/Prayogi) Ratusan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera mengantre masuk kapal feri di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (15/7). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Jumlah pemudik di Pelabuhan Merak meningkat dibanding musim Mudik 2014. 

Corporate Secretary PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Christine Hutabarat mengatakan, pemudik di Pelabuhan Merak dari H-7 hingga Lebaran Hari pertama tercatat sebanyak 647.800 orang penumpang, 65.356 motor dan 74.196 kendaraan roda empat atau lebih.

"Secara keseluruhan, jumlahnya meningkat," katanya dalam siaran pers kepada Republika, Sabtu (18/7). 

Dibanding tahun lalu di periode yang sama, jumlah ini meningkat sebesar 2,5 persen untuk penumpang, 2,8 persen untuk motor dan 3,98 persen untuk kendaraan roda 4 atau lebih. 

Jumlah yang diseberangkan dari Merak hanya 631.900 penumpang, 63.500 motor dan 71.400 kendaraan roda empat atau lebih.

Menurut Christine, pertumbuhan terbesar terjadi pada pemudik dengan mobil. "Ini menunjukkan adanya pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujar dia.

Demi memperlancar penyeberangan pada arus mudik berikutnya, ASDP berkomitmen untuk melakukan penambahan dermaga, perluasan area pelabuhan, peremajaan kapal-kapal berkapasitas besar dan modernisasi manajemen yang lebih efisien dan efektif. 

Ia mengatakan, semua komitmen itu sudah mulai direalisasikan sejak beberapa tahun terakhir. 

 

Terpopuler