Lebaran Kali Ini Ada Penurunan Pengunjung di Puncak

Rep: C21/ Red: Julkifli Marbun

Sabtu 18 Jul 2015 11:59 WIB

Jalur Puncak (ilustrasi) Foto: Republika/Musiron Jalur Puncak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Data Pemantauan di Pos Gadog selama Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2015. Terlihat beberapa jalur mengalami kemacetan karena diberlakukannya sistim buka-tutup (one way) dari Jalur Cisarua menuju Gadog.

Terlihat di cctv Pos Polisi Ciawi, Tanjakan Salarong, Mega Mendung, Taman Wisata Matahari, Pos Polisi Cisarua, Puncak Km 81, dan Pos Polisi Taman Safari masih terlihat lengang.

Kecuali Pos Rindu Alam yang masih terlihat padat dua arah karena baru saja dibukanya sistim one way. Pemberlakuan one way dilakukan Satlantas Polres Bogor dari Cisarua sejak pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB.

Menurut data statistik Operasi Lodaya Tahun 2015 tepat hari Lebaran Jumat (17/7) kemarin. Puncak keramaian yang keluar dari Tol Ciawi sebanyak 31.712. Sedangkan yang masuk 23.636 kendaraan.

Keramaian pengunjung di tempat wisata Puncak ketika Lebaran Jumat (17/7) kemarin total pengunjung Taman Safari sebanyak 5.770, Jungeland Sentul sebanyak 2.138, Tempat Wisata Matahari sebanyak 780.

Jika melihat rata-rata data pengunjung dan arus kendaraan yang keluar-masuk Tol Ciawi dan tempat Wisata berkurang dari tahun kemarin. Sama halnya dengan wisata di beberapa tempat yang mengalami penurunan pengunjung.

Kemudian Satlantas Polres Bogor berencana akan melakukan rekayasa lalulintas dengan memberlakukan sistem satu arah (one way). Dimana kendaraan dari Jakarta menuju Puncak disatu arahkan. Sedangkan di arah sebaliknya ditutup di Riunggunung Puncak Bogor. Rencananya akan diberlakukan one way dari pukul 14.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Terpopuler