Belum Tampak Arus Balik di Jalur Selatan

Rep: c10/ Red: Damanhuri Zuhri

Sabtu 18 Jul 2015 10:42 WIB

Tampak jalur selatan Jawa Tengah masih dipadati oleh pemudik Foto: Republika/M Subarkah Tampak jalur selatan Jawa Tengah masih dipadati oleh pemudik

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Di jalur mudik selatan Jawa Barat (Jabar) yang melintasi wilayah Tasikmalaya dan Ciamis, di hari kedua Lebaran belum tampak arus balik para pemudik.

Dari pantauan Republika, di Kabupaten Banjar yang berbatasan dengan Jawa Tengah (Jateng), sampai siang ini juga belum tampak ada arus balik.

Menurut Yogi Ginanjar (24 tahun) warga yang tinggal dekat perbatasan Jabar dan Jateng, hari ini lalulintas tampak ramai dengan masyarakat yang berwisata dan bepergian mengunjungi rumah sudaranya.

"Kalau sudah arus balik biasanya bis-bis angkutan umum dari arah timur ke barat tampak penuh dengan penumpang," ujar Yogi kepada Republika, Sabtu (18/7).

Warga Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Myra Yasmin (20) juga melaporkan, jalur mudik di depan rumahnya pagi sampai siang ini cukup lumayan ramai di banding hari Lebaran pertama. Namun ramainya kendaraan yang melintas tidak seperti sedang arus balik.

Di beberapa pusat keramai di jalur mudik seperti di Limbangan, arus kendaraan cukup ramai. Sementara di jalur mudik Tasikmalaya, Ciamis sampai Banjar terpantau belum nampak ada arus balik.

Tampak ada beberapa kendaraan pribadi yang melintas ke arah barat dari timur. Tapi iring-iringan sepeda motor pemudik yang arus balik belum tampak sampai siang ini.