Ini Pengertian Idul Fitri

Red: Damanhuri Zuhri

Sabtu 18 Jul 2015 07:39 WIB

Ucapan Selamat Idul Fitri Liverpool Foto: Twitter Ucapan Selamat Idul Fitri Liverpool

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama, Prof Abdurrahman Mas'ud mengungkapkan Ramadhan selalu diakhiri dengan perayaan Idul Fitri.

Secara etimologi, Idul Fitri terdiri dari dua kata. Pertama, 'id. Dalam Lisaanul Arab, Ibnu Mandzur menyatakan, kata ini diambil dari kata 'aada-ya'uudu bermakna kembali.

Ini menunjukkan Idul Fitri selalu berulang dan kembali datang setiap tahun. Ada juga yang berpendapat diambil dari kata 'adah yang berarti kebiasaan. Artinya kaum muslimin sudah biasa pada 1 Syawal selalu merayakannya.

        

Kata yang kedua adalah Fitri. Fitri atau fitrah dalam bahasa Arab berasal dari kata fathara yang berarti membedah atau membelah. Bila dihubungkan dengan puasa, maka ia mengandung makna berbuka puasa (ifthaar).

Kembali kepada fitrah ada kalanya ditafsirkan kembali kepada keadaan normal, kehidupan manusia yang memenuhi kehidupan jasmani dan rohani secara seimbang.

Sementara kata fithrah sendiri bermakna yang mula-mula diciptakan Allah SWT. Adapun secara terminologi, Idul Fitri berarti kembali kepada fitrah kita sebagai manusia.

        

"Satu hal yang patut kita syukuri adalah rahmat Allahlah yang membuat kita mampu menyelesaikan kewajiban berpuasa sebulan penuh, sebuah ibadah yang bisa dipandang ringan sekaligus berat. Bagi Muslim yang berpegang teguh pada ajaran Allah, akan menganggapnya sebagai pekerjaan ringan," katanya.

        

Sebab, lanjut dia, puasa tidak hanya menjadi bagian dari kehidupannya. Akan tetapi dia yakin sebagaimana keterangan Allah bahwa puasa telah menjadi bagian terpenting dalam sejarah umat manusia.

''Dengan kata lain, puasa merupakan satu syarat bagi manusia yang mendefinisikan dirinya sebagai makhluk yang berbudaya dan berperadaban,'' jelas Abdurrahman Mas'ud.

Terpopuler