Umat Muslim Minahasa Ziarah ke Makam

Red: Damanhuri Zuhri

Sabtu 18 Jul 2015 03:40 WIB

Warga melakukan ziarah kubur   (Republika/Wihdan) Warga melakukan ziarah kubur (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, MINAHASA TENGGARA -- Umat Muslim di Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara melakukan ziarah ke makam keluarga mereka masing-masing usai shalat ied dalam rangka Hari Raya Idul Fitri, Jumat (17/7).

"Sudah menjadi kebiasaan kami setelah shalat Ied, kami sekeluarga dan kerabat lainnya ziarah ke makam," kata Ruslan Ibrahim tokoh pemuda di Ratatotok Ratahan.

Ruslan mengungkapkan, ziarah ke makam sudah menjadi tradisi dari umat Muslim yang ada di daerahnya, dan sering dilakukan setelah shalat Ied.

"Biasanya kami mengunjungi makam selain menabur bunga, juga bersama-sama keluarga berdoa khususnya bagi anggota keluarga yang sudah meninggal," terangnya.

Ruslan menambahkan, ziarah ke makam ini sudah menjadi agenda wajib setiap keluarga, sebelum merayakan Hari Raya Idul Fitri di rumah mereka masing-masing.

"Ini sudah jadi keharusan, kita sekeluarga berkumpul dan berziarah ke makam keluarga. Apalagi jika ada keluarga dari jauh sudah pasti ikut berziarah dan berdoa bersama keluarga," ujarnya.

Ruslan menambahkan setelah berziarah makam para keluarga langsung berkumpul di rumah orang tua untuk saling memberikan ucapan selamat Idul Fitri.

"Setelah ziarah, kita langsung ke rumah orang tua, kemudian saling memberi ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dan saling bermaaf-maafan serta makan bersama," ujar Ruslan menjelaskan.

Terpopuler