Rest Area KM 102 Tol Cipali Gelar Shalat Idul Fitri Pertama

Rep: ahmad fikri noor/ Red: Damanhuri Zuhri

Jumat 17 Jul 2015 16:47 WIB

Kendaraan memasuki gerbang keluar Palimanan Jalan Tol Cipali, Jawa Barat, Senin (13/7).   (Republika/Raisan Al Farisi) Kendaraan memasuki gerbang keluar Palimanan Jalan Tol Cipali, Jawa Barat, Senin (13/7). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Sekitar tiga ratusan jamaah melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Rest Area km 102 Tol Cikopo-Palimanan arah Cirebon pada Jumat (17/7). Ini merupakan shalat Ied pertama yang diselenggarakan di masjid ini pascadioperasikannya tol Cikopo-Palimanan.

Shalat Ied diimami Ustaz Hadi dan dimulai pukul 06.30 WIB. Para jamaah merupakan pengguna jalan tol yang sengaja melintas di hari lebaran untuk menghindari kemacetan.

Seusai shalat, sebagian dari jamaah juga menggunakan beberapa fasilitas di rest area seperti makan di sejumlah gerai restoran, mengisi bahan bakar, dan beristirahat.

Salah seorang pemudik, Ety (45 tahun), seusai shalat Idul Fitri mengaku senang dapat melaksanakan shalat 'id meski di tengah perjalanan.

Menurutnya, keberadaan tol Cipali ini sangat membantu mempercepat perjalanan mudiknya bersama keluarga. Ety berencana mudik ke Wonosobo, Jawa Tengah dari Jakarta.

"Jalan tol Cipali pagi ini sangat lancar, kami sengaja memilih untuk jalan hari ini. Kami sekeluarga juga senang bisa melaksanakan shalat di rest area tol Cipali," kata Ety.

Operator tol Cipali PT Lintas Marga Sedaya menyatakan upaya ini salah satu komitmen untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2015.

Terpopuler