KRD Bandung Raya Siap Layani Penumpang Lebaran

Red: Julkifli Marbun

Jumat 17 Jul 2015 16:48 WIB

Pekerja melakukan perawatan sistem rem dan sistem pendingin ruangan pada gerbong kereta api kelas ekonomi, di Depo Kereta Poncol Semarang, Jateng, Senin (6/7). (Antara/R. Rekotomo) Pekerja melakukan perawatan sistem rem dan sistem pendingin ruangan pada gerbong kereta api kelas ekonomi, di Depo Kereta Poncol Semarang, Jateng, Senin (6/7). (Antara/R. Rekotomo)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kereta Rel Diesel (KRD) Bandung Raya siap melayani penumpang lokal atau arus penumpang silaturahim pada musim Lebaran 2015.

"Biasanya penumpang lokal pada momen Lebaran meningkat, berdasarkan pengalaman Lebaran 2014 rata-rata 34 ribuan penumpang per hari, tahun ini bisa lebih," kata Humas PTKA Daop II Bandung Zunerfin di Bandung, Jumat (17/7).

Menurut dia, KA dengan tarif baru yakni Rp4.500-an per penumpang untuk jurusan Cicalengka - Bandung dan Padalarang itu dipastikan akan diserbu penumpang lokal.

Selain untuk silaturahim, juga akan menjadi sarana angkutan wisata bagi warga lokal seperti ke Kebun Binatang atau berbelanja ke kawasan Pasar Baru atau tempat lainnya.

"Kami siapkan sekitar enam rangkaian, dan bludakan penumpang pada Lebaran sudah kami antisipasi," kata Zunerfin.

Menurut dia beberapa stasiun bisa diakses untuk ke sejumlah jurusan termasuk dilintasi oleh angkutan umum ke sejumlah obyek wisata dan ruang publik di Kota Bandung.

Hal sama juga untuk KA Cibatuan jurusan Cibatu - Purwakarta yang juga biasanya dipadati penumpang pada Lebaran.

"Dalam beberapa hari ini KA itu juga mengalami peningkatan penumpang," kata Zunerfin.

Terpopuler