Ribuan Pemudik Masih Padati Pelabuhan Punggur

Red: Ani Nursalikah

Jumat 17 Jul 2015 13:02 WIB

Pelabuhan Punggur, Batam. Foto: skpd batam kota Pelabuhan Punggur, Batam.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Ribuan pemudik tujuan Tanjungpinang dan Bintan, Jumat siang (17/7) memadati Pelabuhan Umum dan Pelabuhan Penyeberangan Telaga Punggur untuk kembali ke kampung halaman merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Seno, salah seorang calon pemudik mengatakan sengaja pulang kampung ke Tanjungpinang usai menjalankan shalat Id di Batam mengingat jarak antara Batam hingga ke Tanjungpinang relatif dekat.

"Di Batam ada rumah juga, cuma keluarga semua di Tanjungpinang. Jadi setelah Shalat Id dan silaturahim dengan tetangga, kami lanjutkan pulang ke Tanjungpinang," kata dia.

Pantauan di Pelabuhan Umum Telaga Punggur, ribuan pemudik nampak hilir memadati seluruh kapal feri yang membawa mereka ke Tanjungpinang dan kapal cepat yang membawa pemudik ke Tanjung Uban Pulau Bintan.

Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur, Erwin Sjafrizal mengatakan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, puncak arus mudik di Batam terjadi pada H-1 hingga hari H Lebaran Idul Fitri.

"Jaraknya dekat. Jadi rata-rata baru melonjak setelah Idul Fitri. Sepanjang hari ini diperkirakan bakalan penuh," kata dia.

Ia memprediksi, lebih dari 10 ribu pemudik diperkirakan akan meninggalkan Batam dengan tujuan Tanjung Uban, Bintan, dan Tanjungpinang.

Terpopuler