Khutbah di Jakarta Islamic Centre: Pentingnya Ukhuwah Islamiyah

Rep: c07/ Red: Satya Festiani

Jumat 17 Jul 2015 09:19 WIB

Ilustrasi Lebaran Foto: AP Photo/Pawan Sharma Ilustrasi Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ukhuwah Islamiyah memiliki kedudukan amat penting dalam Islam baik di dunia maupun di akhirat.

"Ia memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan dengan ukhuwah yang lain seperti ukhuwah nasabiyah (persaudaraan dalam keturunan), ukhuwah wathaniyah(persaudaraan sebangsa), ukhuwwah jinsiyyah (persaudaraan dengan sesama manusia)," ujar Anshori Yakub saat menyampaikan Khutbah Shalat Idul Fitri 1436 H di Jakarta Islamic Centre, Jumat (17/7).

Anshori berkata, kedudukan ukhuwah di akhirat, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Zukhruf ayat 67 bahwa teman- teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertaqwa.

Ia menjelaskan Ukhuwah Islamiyah di dunia sangat penting artinya dalam komunitas Islam karena kekuatan dan kehancuran ummat terletak pada ukhuwah Islamiyah.

"Saat zaman Rasullullah, umat Islam mempunyai kekuatan yanag luar biasa di Madinah, karena terbinanya ukhuwah Islamiyah antara umat Islam sahabat Anshar dan sahabat Muhajirin," tuturnya.

Dalam membina ukhuwah ini, sambung dia, saat  Rasulullah SAW  berhijrah ke Madinah yang dilakukan terlebih dahulu adalah membangun Masjid Nabawi sebelum membangun rumah pribadinya dan memusatkan segala aktivitas umat Islam di masjid.

"Karena masjid ini mempunyai peranan penting dalam menyatukan umat Islam dan mempertalikan hati mereka, tanpa membeda-bedakan bangsa, suku, ras dan sebagainya," jelasnya.

Saat ini, sambung dia, umat Islam bila ingin maju lahir bathin hendaknya memusatkan kembali segala aktivitas umat ke dalam masjid baik aktivitas ibadah maupun aktivitas keagamaan.

"Alhamdulillah selama Ramadhan masjid-masjid dipenuhi umat Islam baik aktivitas ibadah shaat berjamaan, shalat terawih, pengajian-pengajian, zakat, infak, shadakah dan lain-lain. Alangkah indahnya kalau kegiatan ini yang merupakan nilai-nilai Ramadhan tetap kita pertahankan sepanjang bulan," harapnya.

 

Terpopuler