Masjid Sunda Kelapa Mampu Menampung 7.000 Jamaah

Red: Citra Listya Rini

Jumat 17 Jul 2015 04:34 WIB

Masjid Sunda Kelapa Foto: . Masjid Sunda Kelapa

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA  --  Masjid Agung Sunda Kelapa siap untuk menampung 7.000 lebih jamaah untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1436 Hijriah yang akan dilangsungkan pada Jumat (17/7).

"Kami sudah melakukan sejumlah persiapan untuk pelaksanaan shalat besok. Masjid bisa menampung sekitar 6-7 ribu lebih jamaah untuk shalat Ied," kata Sekretaris Eksekutif Masjid Agung Sunda Kelapa Izzudin Syamma di Jakarta, Kamis (16/7).

Untuk pelaksanaannya, pihak Masjid Agung Sunda Kelapa telah melakukan sejumlah persiapan fisik untuk melaksanakan kegiatan ibadah tersebut.

Ia menjelaskan persiapan tersebut antara lain pembersihan lokasi ibadah, baik di area lapangan sekitar dan dalam masjid, pengecekan sound system, kelengkapan alat shalat, hingga keamanan area masjid.

"Untuk jamaah laki-laki shalatnya di lapangan yang berada di sisi selatan masjid, sedangkan jamaah wanita di dalam dan di lantai dua masjid," kata Izzudin menjelaskan.

Selain itu, Masjid yang berdiri di atas Taman Sunda Kelapa, Menteng, tersebut, telah menerima Zakat Fitrah dengan nilai mencapai Rp 700 juta lebih. Sedangkan untuk Zakat Maal sudah dibagikan sebesar Rp 1,3 miliar selama bulan Ramadhan.

"Di Sunda Kelapa ada tiga kelas zakat, yakni Rp 40 ribu ke atas, Rp 35 ribu, dan yang terkecil Rp 30 ribu," tukas Izzuddin menambahkan.

Terpopuler