250 Ribu Jamaah Diprediksi Shalat Ied di Masjid Istiqlal

Rep: C20/ Red: Ilham

Kamis 16 Jul 2015 22:31 WIB

 Warga melaksanakan Shalat Ied di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Kamis (8/8).   (Republika/Rakhmawaty La'lang) Warga melaksanakan Shalat Ied di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Kamis (8/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal memprediksi sekitar 200 ribu sampai 250 ribu jamaah akan hadir ke Masjid Istiqlal, Jumat (17/7) besok untuk melaksanakan Solat Idul Fitri.

Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal, Ahmad Mubarak menegaskan, panitia saat ini tengah bersiap untuk menggelar Solat Idul Fitri 1436 Hijriah. "Jumlah jamaah bisa mencapai 200.000 sampai 250.000 orang," kata Mubarak di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (16/7).

Namun, Mubarak mengatakan, jumlah tersebut tidak lebih banyak dibandingkan saat Shalat Idul Adha. Menurut dia, jumlah minim tersebut karena pada hari raya Idul Fitri banyak warga yang mudik. "Kalau Idul Fitri kan ada istilah mudik pulang kampung. Meskipun Idul Adha ada, tapi relatif sedikit," ujar Mubarak.

Mubarak menambahkan, untuk tempat jamaah shalat dipastikan sudah dipersiapkan dengan baik. Tempat itu adalah di lantai utama, plaza, dan mezanin. "Kalau kurang masih ada halaman. Badan kita kan nggak terlalu besar," kata Mubarak.

Terkait halaman parkir bagi para kendaraan jamaah, Mubarak mengatakan masih bisa menampung jumlah kendaraan jemaah yang mengikuti shalat Ied. Namun, tidak menutup kemungkinan, lanjut Mubarak, panitia masjid akan berkoordinasi dengan Gereja Kathedral.

Terpopuler