Menag Ajak Pawai Takbiran Tertib

Red: Israr Itah

Kamis 16 Jul 2015 21:19 WIB

(dari kiri) Wakil Ketua Umum MUI K.H. Maruf Amin, Ketua Umum MUI Din Syamsuddin, Menag Lukman Hakim Saifuddin dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin seusai memberikan keterangan pers mengenai hasil Sidang Itsbat Awal Syawal 1436 H di Jakarta, Kamis(16/7). Foto: Republika/Prayogi (dari kiri) Wakil Ketua Umum MUI K.H. Maruf Amin, Ketua Umum MUI Din Syamsuddin, Menag Lukman Hakim Saifuddin dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin seusai memberikan keterangan pers mengenai hasil Sidang Itsbat Awal Syawal 1436 H di Jakarta, Kamis(16/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak masyarakat yang melakukan pawai kendaraan takbiran supaya tertib dan tidak mengganggu kenyamanan pihak lain.

"Kalau ada konvoi, maka tolong betul-betul tertib dan jangan mengganggu ketertiban umum," kata Lukman di Jakarta, Kamis (16/7)

Dia juga mengajak agar masyarakat jangan terlalu larut dengan keriuhan malam takbiran sehingga melewatkan ibadah keesokan harinya. "Besok kita akan shalat Id," kata dia mengingatkan.

Menag bersyukur karena Hari Raya Idul Fitri tahun ini dilaksanakan secara bersama-sama oleh hampir seluruh umat Muslim Indonesia. Berbeda dengan tahun lalu di mana terjadi perbedaan Lebaran, terutama versi pemerintah dan Muhammadiyah.

"Seluruh umat Islam akan bersama-sama merayakan 1 Syawal dan sama-sama shalat Td besok pukul tujuh pagi. Tentu kami berterima kasih kepada peserta sidang isbat," kata dia.

Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada Jumat (17/7).

Terpopuler