Jamaah Itikaf Mulai Tinggalkan Masjid Raya Bogor

Rep: C21/ Red: Didi Purwadi

Kamis 16 Jul 2015 20:17 WIB

Masjid Raya Bogor, Jawa Barat. Foto: Republika/Prayogi Masjid Raya Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Itikaf di Masjid Raya Bogor berakhir pada Rabu (16/7) malam. Karena, Kamis (17/7) malam nanti adalah takbiran untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

"Itikaf dimulai pada malam ke-21 sampai akhir Ramadhan (tadi malam)," ujar Manager Masjid Raya Bogor, Ahmad Fathoni, Kamis (16/7).

Fathoni mengatakan, memasuki hari ini banyak jamaah yang pulang. Karena sejak tadi malam pengurus masjid sudah menerangkan itikaf terakhir adalah Rabu malam. Hari terakhir itikaf dilakukan dengan Tadabbur Alquran, dari anak-anak sampai orang dewasa.

Nanti malam Fathoni mengatakan sudah tidak ada yang menginap di Masjid Raya Bogor. Karena pertama akan ada takbiran, kedua harus ada persiapan untuk shalat Idul Fitri.

"Jadi, kita siapkan semua ruangan agar bersih supaya jamaah nyaman," katanya. ''Imbaun kami sudah tidak boleh ada yang menginap lagi malam ini.''

Sebelumnya pada sepulu hari menjelang Ramadhan, banyak yang menginap di Masjid Raya Bogor bersama sanak keluarga. Mereka datang dari wilayah Bogor dan sekitarnya seperti Cianjur, Sukabumi, dan lain-lain.

Terpopuler