1 Syawal 1436 Hijriah Jatuh pada Jumat 17 Juli

Red: Agung Sasongko

Kamis 16 Jul 2015 19:05 WIB

(dari kiri) Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Maruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia MUI Din Syamsuddin, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin memberikan keterangan usai Sidang Itsbat Awal Sy Foto: Republika/Prayogi (dari kiri) Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Maruf Amin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia MUI Din Syamsuddin, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin memberikan keterangan usai Sidang Itsbat Awal Sy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin mengumumkan hasil sidang itsbat menyatakan, Idul Fitri 1436 H jatuh pada Jumat (17/7).

Dalam sidang Itsbat di Kementerian Agama Jakarta, Kamis Menteri Agama menyatakan, dari laporan sejumlah titik rukyat ada empat tempat yang berhasil melihat hilal yakni di Gresik, Lamongan, Bojonegoro Jawa Timur dan Kepulauan Seribu Jakarta.

"Dengan adanya empat titik berhasil melihat hilal, seluruh sidang itsbat menyepakati malam ini memasuki 1 Syawal 1436 Hijriah, seluruh umat Islam akan bersama sama masuki 1 syawal dan melaksanakan Shalat Id pada besok pagi pukul 7 pagi,'' katanya.

Penetapan dilakukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin setelah mendengar laporan posisi hilal yang disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Muhtar Ali.

Dalam laporannya dari sejumlah titik pemantauan hilal, Muhtar Ali menyampaikan bahwa hilal dilaporkan terlihat di empat titik dengan posisi hilal di atas ufuk antara O derajat 3-4 menit.

Di Gresik Jawa Timur 5 orang petugas rukyat dilaporkan melihat hilal, di Kepulaun Seribu  hilal dilaporkan terlihat oleh satu orang yang telah disumpah.

Tanjung Kodok Lamongan hilal dilaporkan terihat oleh petugas yang telah disumpah, dan di Bojonegoro hilal dilaporkan terlihat. Dengan demikian, hilal telah dilihat di beberapa tempat oleh petugas rukyat dan telah disumpah oleh hakim pengadilan agama.

Terpopuler