Menjelang Malam Takbir, Merak Kembali Lengang

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kamis 16 Jul 2015 18:40 WIB

Ratusan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera mengantre masuk kapal feri di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (15/7).  (Republika/Prayogi) Ratusan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera mengantre masuk kapal feri di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (15/7). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK--Lebaran hampir tiba. Namun, Pelabuhan Merak kini kembali lengang. Setelah sebelumnya sempat dipadati oleh pemudik yang akan menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatera.

Berdasar pantauan Republika pada Kamis (16/7) siang hingga sore ini, kondisi antrian terlihat sangat lengang. Hanya terdapat beberapa mobil dan motor yang menyeberang.

Bahkan, karena kendaraan yang masuk tidak secara bersamaan, maka tidak terdapat antrian berarti pada dermaga pelabuhan. Jika memang terdapat antrian, itu hanya terdapat pada beberapa dermaga saja.

Kondisi yang terjadi pada H-1 ini berbanding terbalik dengan kondisi pada H-2 dan H-3 yang merupakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak. Saat puncak, penumpukan kendaraan terjadi di seluruh dermaga yakni dermaga satu hingga dermaga lima.

Namun, karena hari ini sudah tidak terlihat antrian panjang. Maka penumpukan kendaraan pun tidak terjadi. Begitu memasuki gerbang pelabuhan, pemudik hanya menunggu sekitar lima menit untuk dapat memasuki kapal.