Kado Istimewa di I’tikaf Terakhir Ramadhan (bag 1)

Red: Irwan Kelana

Kamis 16 Jul 2015 17:29 WIB

Aksa Mahmud bersama istri tercinta, Ramlah Aksa Foto: Irwan Kelana/Republika Aksa Mahmud bersama istri tercinta, Ramlah Aksa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Jakarta, H M Aksa Mahmud, mendapat kado istimewa di hari jadinya yang ke-70, Kamis (16/7). HUT ke-70 pengusaha nasional kelahiran Barru, Sulawesi Selatan, 16 Juli 1945 itu bertepatan dengan i’tikaf malam 29 Ramadhan 1436 H yang merupakan i’tikaf malam terakhir Ramadhan 1436 di MASK.

Begitu waktu menunjukkan pukul 00.00 tadi malam, sejumlah pengurus dan karyawan MASK Menteng, Jakarta Pusat, segera menyalami dan mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya. Sejumlah SMS dan telepon ucapan selamat ulang tahun pun datang dari berbagai tokoh.

Tak terkecuali pemilik Restoran Al-Jazirah Jakarta yang saat itu sedang berada di depan Ka’bah di Masjidil Haram, Makkah, Saudi Arabia. “Terima kasih doanya,” kata Aksa Mahmud menjawab telepon bos restoran Arab terkenal di Jakarta itu, Kamis (16/7) dini hari.

Aksa yang baru saja pulang menunaikan umrah, Rabu (15/7) siang, banyak bercerita tentang kisah-kisahnya selama berada di Tanah Suci. Termasuk pertemuannya dengan seorang intelektual muda Indonesia yang lama bermukim di Makkah. Dengannya, Aksa  -- yang rutin melaksanakan umrah Ramadhan selama 25 tahun terakhir -- mendiskusikan banyak hal.

Sekitar pukul 01.00, datanglah Ramlah Kalla ke ruang pengurus MASK. Adik kandung Wapres Jusuf  Kalla itu membawakan kue ulang tahun berupa black forrest untuk suaminya tercinta.

Aksa tampak terkejut dan senang dengan kehadiran wanita yang dinikahinya pada 2 Maret 1975 itu. Apalagi saat sang istri yang telah memberinya lima anak – Erwin, Sadikin, Melinda, Athirah dan Subhan – memotong kue ulang tahun tersebut dan memberikan sepotong di antaranya kepada sang suami.

Terpopuler