Layanan Kesehatan di Kota Bandung Siaga 24 jam Saat Lebaran

Rep: C01/ Red: Angga Indrawan

Kamis 16 Jul 2015 16:48 WIB

 Padat Pengunjung: Mendekati Lebaran suasana Pasar Kosambi Kota Bandung, blok penjualan kue dan berbagai makanan, dipadati pengunjung, Selasa (14/7). Foto: Republika/Edi Yusuf Padat Pengunjung: Mendekati Lebaran suasana Pasar Kosambi Kota Bandung, blok penjualan kue dan berbagai makanan, dipadati pengunjung, Selasa (14/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Lima puskesmas utama di Kota Bandung tetap akan siaga dan beroperasi selama Lebaran. Kelima puskesmas ini akan beroperasi selama 24 jam untuk melayani warga Kota Bandung.

Kelima puskesmas utama di Kota Bandung yang siaga 24 jam saat Lebaran ialah Puskesmas Garuda, Puskesmas Ibrahim Adjie, Puskesmas Pagarasih, Puskesmas Padasuka dan Puskesmas Kopo. Sedangkan untuk puskesmas yang bukan utama di Kota Bandung beroperasi mengikuti jam kerja dan berhenti pelayanan pada tanggal merah.

"Jadi, masyarakat yang memerlukan layanan bisa di Puskesmas 24 jam," terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani saat dihubungi, Kamis (16/7).

Selain puskesmas utama yang beroperasi selama 24 jam, Ahyani juga mengatakan pihaknya menyediakan 23 unit puskesmas keliling. Ke-23 puskesmas keliling ini akan beroperasi selama libur Lebaran dengan cakupan wilayah yang memiliki banyak pengunjung, seperti taman kota dan pusat kota. Ahyani mengatakan puskesmas keliling akan mengunjungi taman sebanyak dua kali selama satu hari, yaitu pada pukul 10.00 WIB dan 14.00 WIB.

Di samping layanan puskesmas, Ahyani mengatakan pihaknya juga mendirikan posko kesehatan untuk lebih menjangkau pelayanan kepada warga. Posko kesehatan ini, lanjut Ahyani, didirikan di beberapa tempat wisata yang ramai dikunjungi seperti Taman Lalu Lintas serta Kebun Binatang. Ahyani mengatakan posko kesehatan ini akan beroperasi sejak Lebaran hingga H+4 Lebaran.

Terpopuler