H-1, Stasiun Gambir Diprediksi Masih Dipadati Pemudik

Red: Agung Sasongko

Kamis 16 Jul 2015 13:56 WIB

Puncak Arus Mudik Stasiun Gambir: Calon penumpang berada diruang tunggu Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (14/7). Foto: Republika/ Yasin Habibi Puncak Arus Mudik Stasiun Gambir: Calon penumpang berada diruang tunggu Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (14/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Stasiun Gambir, DKI Jakarta, Edy Kuswoyo memperkirakan jumlah pemudik yang memadati Stasiun Gambir pada H-1 Idul Fitri 1436 Hijriah masih akan mengalami peningkatan.?

"Jumlah penumpang di Stasiun Gambir pada H-1 ini diperkirakan masih akan meningkat. Akan tetapi, jumlahnya tidak akan lebih banyak dari H-2," kata Edy di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (16/7).

Menurut dia, terhitung sejak pukul 05.00 hingga?11.45 WIB, di Stasiun Gambir tercatat sudah ada sebanyak 13 keberangkatan dengan total penumpang secara keseluruhan mencapai 4.624 orang. "Meskipun masih akan terjadi lonjakan penumpang, jumlahnya tidak akan lebih besar dari H-3 atau H-2 kemarin. Untuk hari ini, diperkirakan jumlahnya hanya mencapai sekitar 12.000-an penumpang," ujar Edy.

Berdasarkan data dari PT Kereta Api Indonesia (KAI), pada H-3 Lebaran yaitu Selasa (14/7) jumlah penumpang mencapai 13.108 orang. Sedangkan pada H-2, Rabu (15/7) jumlah penumpang sebanyak 13.018 orang.

"Selain pada H-3, H-2 dan H-1, penumpang di Stasiun Gambir juga biasanya masih ramai pada Lebaran hari pertama, hari kedua dan hari ketiga. Tapi biasanya yang ramai itu untuk kereta jarak dekat, misalnya Bandung dan Cirebon," tutur Edy.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Antara di Stasiun Gambir, terlihat para pemudik dengan berbagai tujuan di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur masih cukup ramai.Berdasarkan informasi dari Posko Humas Stasiun Gambir, kereta terakhir yang akan diberangkatkan dari Stasiun Gambir pada hari ini, yaitu kereta Cirebon Ekspres (Fakultatif) pada pukul 22.45 WIB.

Terpopuler