Pasar Simpang Ampek Dipadati Pengunjung

Red: Ani Nursalikah

Kamis 16 Jul 2015 11:38 WIB

Salah satu kondisi pasar tradisional di Indonesia. Foto: Blogspot.com Salah satu kondisi pasar tradisional di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG AMPEK -- Pasar Simpang Ampek, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat pada H-1 lebaran dipadati pengunjung yang ingin berbelanja bahan kebutuhan untuk merayakan  Idul Fitri 1436 Hijriah.

Pantauan di pasar Simpang Ampek sejak Rabu (15/7) malam dan Kamis (16/7) pagi, di sepanjang jalan Simpang Ampek-Jambak terlihat pengunjung memadati sejumlah pertokoan yang ada di tepi jalan utama tersebut.

Selain itu, banyak pedagang membuka lapak-lapak di pinggir jalan yang ada. Pada umumnya warga didominasi kalangan muda baik laki-laki maupun perempuan serta ibu-ibu. Mereka pada umumnya membeli kebutuhan pakaian untuk perayaan lebaran.

Selain itu, juga membeli aneka jenis bahan makanan, kue, bungkus ketupat dan keperluan lebaran lainnya.

"Kita sengaja membeli pakaian dan kebutuhan lainnya untuk kebutuhan Lebaran meskipun berebut dengan pengunjung lainnya," kata salah seorang pengunjung Roni.

Toko yang ada di Simpang Ampek sampai Jambak tersebut tampak lebih ramai dibanding beberapa hari sebelumnya. Hal itu dapat dilihat dari ramainya pengunjung serta kendaraan roda dua dan empat parkir hingga di luar area parkir yang tersedia.

Meningkatnya kunjungan pembeli mengakibatkan jalan di sepanjang Jambak sampai Simpang Ampek macet karena banyaknya kendaraan roda empat dan dua parkir di tepi jalan.

"Kemacetan dapat kita rasakan mulai dari siang hari sampai malam. Kunjungan warga luar biasa untuk membeli segala kebutuhan lebaran," kata pedagang lainnya, Azmi.

Ia memprediksi tingkat kunjungan pembeli akan mencapai puncaknya pada Kamis (16/8) malam. Apalagi nantinya jalur Simpang Ampek-Bandarjo masuk jalur pawai takbiran sehingga diperkirakan akan terjadi macet panjang.

Terpopuler