H-1, Pelabuhan Soekarno-Hatta Lengang

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Dwi Murdaningsih

Kamis 16 Jul 2015 10:55 WIB

Ruang tunggu di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. Foto: Republika/debbie sutrisno Ruang tunggu di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Memasuki H-1 hari raya Idul Fitri 1436 H, pelabuhan Soekarno-Hatta mulai terlihat sepi. Tidak banyak aktivitas penumpang kapal maupun poter yang biasa hilir mudik mengangkut barang penumpang. Yang terlihat hanya beberapa penumpang dan petugas kebersihan di dalam terminal Pelabuhan Soekarno-Hatta.

Aktivitas lengan ini jauh berbeda dengan H-2 bahkan H-3 yang mencapai puncak arus mudik. Di mana setiap harinya lebih dari 6.000 penumpang memadati pelabuhan ini. Pagi hari sekita pukul 07.00 Wita, hanya satu kapal yaitu KM Sirimau yang mengangkut penumpang dari Labuan Bajo. Mereka menurunkan 635 penumpang di Makassar dan menaikan 108 penumpang untuk mengarah ke Pelabuhan Batu Licin.

Manager Usaha PT Pelni Cabang Makassar Sugiyanto mengatakan, jadwal awal, Kamis (16/7) seharusnya terdapat satu kapal lagi yaitu KM Nggapulu dari Bau-Bau untuk mengarah ke Timur Indonesia dan berlabuh di pelabuhan Namle, Ambon, Fak-fak,sorong, manokwari, wasior, Nabire, Serui, Jayapura. Namun karena ada suatu hal, kapal ini diubah jadwalnya.

"Kapal baru akan berlabuh di Makassar pada hari Jumat, (17/7) sekitar pukul 05.00. Dan baru berangkat mengarah ke timur pukul 13.00," ujar dia, Kamis (16/7).

Terpopuler