Pantura Lancar Hingga Cirebon, Padat di Brebes

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Angga Indrawan

Kamis 16 Jul 2015 09:26 WIB

Pemudik berjalan perlahan melintasi tol darurat Pejagan-Brebes Timur, Selasa (14/7).  (Republika/Agung Supriyanto) Foto: Republika/Agung Supriyanto Pemudik berjalan perlahan melintasi tol darurat Pejagan-Brebes Timur, Selasa (14/7). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, PANTURA -- Memasuki H-1 pagi, Kamis (16/5), jalur Pantura Jawa Barat menuju Jawa Tengah terpantau lengang. Titik kepadatan di jalur Pantura arteri Cirebon yang semalam macet selepas Indramayu, juga kembali lengang.

Meski demikian, kepadatan masih terjadi di sejumlah titik di saat Pantura memasuki wilayah Jawa Tengah tepatnya di Kota Brebes. Di Jalan Raya Tanjung Brebes dari arah Cirebon padat merayap.

"Memasuki Brebes, Jawa Tengah Kendaraan masih tersendat kecepatan laju sekitar 10 km/jam sampai 15km/jam," ujar Kepala Staf Lalu Lintas Dinas Perhubungan Brebes Takhlis menjawab pertanyaan ROL, Kamis (16/7).

Masuk ke arteri pusat Kota Brebes, kepadatan semakin kentara terjadi tepatnya di Jalur Pantura Jl Bulakamba arah Tegal. Demikian juga dengan jalur sempit Bumi Ayu menuju Purwokerto, di jalan ini kepadatan terjadi di kedua arah.

Kemacetan di Brebes terjadi akibat aliran kendaraan yang keluar dari pintu Exit Tol Kanci-Pejagan di Brebes kota dan Exit Pejagan-Pemalang di Brebes Timur perbatasan Tegal. Hal ini dikarenakan seluruh kendaraan roda empat atau lebih asal Jakarta yang mengakses Tol Cipali untuk menuju Jawa Tengah akan keluar di dua gerbang Exit tol tersebut.

"Pasar tumpah di dini hari hingga pagi ini juga ikut menyebabkan kepadatan," ujar dia.

Terpopuler