Hari ini Puncak Mudik Angkutan Udara

Rep: c36/ Red: Damanhuri Zuhri

Kamis 16 Jul 2015 02:10 WIB

Pesawat Garuda saat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Foto: Tahta Aidilla/Republika Pesawat Garuda saat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puncak mudik angkutan udara diprediksi Kamis (16/7) atau H-1 lebaran. Pemudik yang akan menempuh perjalanan mudik dengan pesawat terbang diharapkan memperhatikan beberapa hal berikut.

Pegawai Direktorat Jenderal Penerbangan Udara, Dian Novita, membagi tips agar perjalanan mudik dengan pesawat terbang nyaman dan lancar.

Dian menyarankan, pemudik setidaknya sudah berangkat ke bandara empat jam sebelum jadwal check in pesawat. "Yang terpenting adalah datang seawal mungkin,'' kata Dian mengingatkan.

Setidaknya, sambung Dian, dua jam sebelum check in, penumpang sudah harus ada di bandara. ''Berangkat lebih awal penting untuk antisipasi keterlambatan akibat macet di jalan," jelas Dian saat dijumpai Republika di Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2015, Kementerian Perhubungan, Kamis (15/7) malam.

Jika tidak ingin terlalu lama mengantre, lanjut Dian, pemudik bisa menggunakan fasilitas online chek in. Selain praktis, fasilitas ini juga membantu perjalanan agar lebih efisien.

Tips ketiga, kata Dian, pemudik harus menyiapkan kartu identitas selengkapnya sesuai dengan keperluan check in. "Persiapkan kartu identitas sebaik-baiknya. Jangan sampai ada yang tertinggal," tegasnya.

Tips keempat, pemudik disarankan memisahkan barang bawaan secara proporsional. Barang yang dijinjing dengan barang di bagasi harus dipilah-pilah sesuai kebutuhan" tutur Dian.

Tips terakhir yang disampaikan Dian adalah tidak mengenakan benda atau asesoris dari logam saat perjalanan. Benda-benda seperti itu bisa memperlama proses check in karena langsung terdeteksi detektor logam di bandara.

Terpopuler