Ini Jalur Alternatif Hindari Macet Pantura di Exit Tol Pejagan

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Satya Festiani

Kamis 16 Jul 2015 00:58 WIB

Pemudik berjalan perlahan melintasi tol darurat Pejagan-Brebes Timur, Selasa (14/7).   (Republika/Agung Supriyanto) Foto: Republika/Agung Supriyanto Pemudik berjalan perlahan melintasi tol darurat Pejagan-Brebes Timur, Selasa (14/7). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Ujung perjalanan via tol dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah ialah di pintu keluar Tol Pejagan, Brebes. Bila memungkinkan, perjalanan via tol masih bisa dilanjutkan dengan rute Pejagan-Pemalang yang akan mengantarkan pemudik mencapai wilayah Brebes Timur. Namun, pembukaan rute tol sepanjang 20 kilometer ini masuk kategori darurat. Bila Pantura tidak macet-macet amat, tol tidak akan dibuka karena memang infrastrukturnya belum memadai.

Tak usah khawatir bila pintu tol ini tak dibuka oleh kepolisian. Untuk menghindari macet di pintu keluar Tol Pejagan, berikut jalur tikus yang bisa dicoba.

Berbeloklah ke kanan setelah keluar dari pintu Tol Pejagan, insting dalam berkendara memang akan lebih memilih belok ke kiri karena mengikuti pemudik lain. Namun, langkah itu hanya akan menambah beban arus kendaraan di jalur tersebut.

Mengambil jalur ke kanan memang akan membawa kendaraan agak menjauh dari Pantura yakni menuju Slawi. Tak usah khawatir, percobaan Republika Rabu (15/7) malam, rute ini cukup lengang dan aman dilalui.

Setelah menghabiskan waktu perjalanan 30 menit menyusuri rute sepanjang kurang lebih 40 kilometer ini, kendaraan sudah sampai ke Jalur Pantura arteri Pemalang. Menurut Kepala Staf Lalu Lintas Dinas Perhubungan Brebes Takhlis, dari Brebes perjalanan menuju Tegal via rute ini pun bisa dihemat.

"Di ruas-ruas jalan selalu ada petugas, jadi mohon untuk bisa rajin bertanya agar menapat pengarahan maksimal," ujarnya Rabu malam.

 

Terpopuler