Jalur Pantura Macet Parah di Brebes, Ini Rute Alternatif Pilihan

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Satya Festiani

Kamis 16 Jul 2015 00:37 WIB

Arus lalu lintas di Pantura (ilustrasi) Foto: Republika/Wihdan Hidayat Arus lalu lintas di Pantura (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Mulai H-3 hingga jelang H-1, jalur arteri Brebes menjadi titik paling padat di musim mudik ini. Pantauan Republika Rabu (15/7) malam hingga tembus awal hari Kamis (16/7), penumpukan kendaraan hingga menyebabkan tersendatnya arus lalu lintas memakan durasi paling lama di kota ini.

Berikut jalur alternatif yang bisa pemudik gunakan ketimbang terjebak macet di Brebes. Dijelaskan Kasatlantas Polres Brebes AKP Rendy Andy Julikhlas, jalur tikus pertama berada di celah ruas Ketanggungan-Prupuk dan Ketanggungan-Slawi. Kedua jalur ini sudah mulai dibuka sejak dua hari belakangan.

Rendy menjelaskan, ruas Ketanggungan-Slawi dibuka untuk jalur alternatif kendaraan kecil. Sedangkan, jalur alternatif di Ketanggungan-Prupuk akan diperuntukan bagi kendaraan besar.

Jalur alternatif juga bisa diakses melalui Brebes kota. Dari sana, pemudik bisa mendapatkan akses menuju Semarang atau Purwokerto.

Caranya, bertanyalah kepada petugas kepolisian atau Dinas Perhuhungan (Dishub) yang ditemui jalan, lalu mintalah arahan untuk bisa menuju rute Slawi ke Bumi Ayu. Kendaraan bisa sampai ke Purwokerto lebih cepat ketimbang harus antre di Brebes. Dari Purwokerto, perjalanan bisa dilanjutkan ke daerah masing-masing di Jaw Tengah.

"Pemudik tidak usah ragu, rajin-rajinlah bertanya kepada petugas yang siaga di lapangan," ujat perwira polisi balok tiga ini Rabu (15/7).

 

Terpopuler