Malam ini Jalur Selatan Jabar Lancar, Pemudik Diimbau Waspada

Rep: c10/ Red: Satya Festiani

Kamis 16 Jul 2015 00:30 WIB

Petugas mengamankan jalur mudik di Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (25/6).  (foto : Septianjar Muharam) Petugas mengamankan jalur mudik di Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (25/6). (foto : Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Pemudik yang melintasi jalur selatan Jawa Barat (Jabar) diimbau untuk berhati-hati meski jalannya lancar. Selain karena kontur jalannya yang naik, turun dan berkelok-kelok, juga karena minim lampu penerangan jalan umum (PJU).

Dari pantauan Republika, di Jalan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya minim PJU. Jika pemudik melaju dari arah barat menuju timur, jalannya menurun dan berkelok-kelok. Selain itu hanya ada beberapa PJU yang masih menyala dengan baik.

Kanit Turjawali Lantas Polres Kabupaten Garut, Iptu Zainuri di pospam Limbangan Kabupaten Garut melaporkan, para pemudik dari arah Kabupaten Garut menuju Tasikmalaya malam ini volume kendaraan cukup ramai, tapi arus lalulintas masih lancar.

Dari Limbangan sampai Malangbong Kabupaten Garut hingga Kecamatan Kadipaten yang masuk ke wilayah Tasikmalaya arus lalulintasnya ramai lancar, sesekali padat merayap. Kendati arus lalulintas lancar, pemudik diimbau untuk ekstra hati-hati.

Kasat Lantas Polres Kota Tasikmalaya, Iptu Suharto mengatakan, kontur jalan di jalur selatan tidak cocok untuk memacu kendaraan. "Sehingga pemudik yang melakukan perjalanan panjang mau pun dekat harus hati-hati," kata Iptu Suharto kepada Republika, Rabu (15/7) malam.

Iptu Suharto menegaskan, para pemudik dari arah barat menuju timur mau pun sebaliknya, jika mulai lelah sebaiknya gunakan rest area yang disediakan. Tidak disarankan untuk memaksakan diri untuk berkendaraan.