Ormas Islam Biak Himpun Zakat Fitrah

Red: Damanhuri Zuhri

Rabu 15 Jul 2015 21:24 WIB

Kaum Muslim membayar zakat fitrah di Masjid Istiqlal, Jakarta. Foto: Antara/Nizar Arsyadani/ca Kaum Muslim membayar zakat fitrah di Masjid Istiqlal, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Berbagai organisasi masyarakat Islam di Kabupaten Biak Numfor, Papua, menghimpun penerimaan zakat fitrah kaum Muslim di wilayah itu hingga H-1 lebaran.

Sejumlah ormas Islam yang melakukan penghimpunan zakat fitrah dan zakat mal diantaranya ormas Pesandtern Hidayatullah, Pesantren DDI Babussalam Mandouw, Muhammadiyah Biak, serta Yayasan Yasmin.

Pengumpulan pembayaran zakat tetap mengacu keputusan badan amil zakat infaq dan shadaqah Biak tahun 2015 dengan besaran beras 2,5 kg, fidyah 700 gram (dibulatkan satu kilogram) serta zakat mal nisab satu tahun dengan besaran 2,5 persen.

Salah satu pimpinan ormas Islam Muhammadiyah, Kamaruddin S.Pd mengharapkan, umat Muslim-Muslimat kota Biak sekitarnya dapat menyerahkan zakat fitrah dan zakat mal kepada lembaga pengelola dan penerima zakat Muhammadiyah.

"Pengurus Muhammadiyah melaui seksi zakat masih menerima pembayaran zakat fitrah dan zakat mal untuk disalurkan dan dimanfaatkan sesuai syariat agama Islam,'' kata Kamaruddin.

Muhammadiyah, menurut Kamaruddin, akan menjadi lembaga yang kredibel dalam menyalurkan zakat dan penghimpun zakat umat di Kabupaten Biak Numfor," harap Kamaruddin.

Sementara itu, pengurus Bazda Biak bersama 260-an komisariat pengumpul zakat fitrah dan zakat mal menetapkan batas waktu penyerahan zakat fitrah pada h-1 lebaran Idul Fitri 1436 H.

"Sesuai keputusan badan amil zakat infaq dan sedekah waktu penyaluran zakat fitrah kepada yang berhak menerima akan dilakukan pada Kamis, 15 Juli 2016," ungkap Wakil Sekretaris Bazda Biak Syahril.

Terpopuler