Risma Instruksikan Waspadai Kebakaran saat Libur Lebaran

Rep: Andi Nurroni/ Red: Ilham

Rabu 15 Jul 2015 20:22 WIB

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: Republika/Yasin Habibi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Musim mudik dan libur panjang Lebaran tak jarang mengundang petaka, mulai dari pencurian rumah hingga kebakaran. Demi mengantisipasi hal-hal yang merugikan tersebut, Pemkot Surabaya melakukan pengamanan ekstra.

Para personel pemkot yang terlibat skema pengamanan dikumpulkan dalam apel di Taman Surya, halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (15/7). Para peserta apel pengamanan merupakan gabungan dari sejumlah lembaga kedinasan dan unit lainnya, antara lain Dinas Perhubungan, Satpol PP, Bakesbangpol- Linmas, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Sosial dan Dinas Komunikasi dan Informasi. Selain itu, instansi lain juga dilibatkan, yaitu PDAM Surya Sembada, PLN, dan PD Pasar Surya.

Dalam pengarahannya, Wali Kota Tri Rismaharini berpesan agar setiap personel tidak hanya waspada terhadap pencurian atau perampokan saja, tetapi juga potensi kebakaran. Menurut Risma, bahaya kebakaran tetap patut diwaspadai, utamanya saat para pemilik bangunan bepergian ke luar kota. Untuk itu, ia meminta seluruh personel memberi perhatian lebih pada kawasan permukiman, pasar, dan pertokoan.

“Respon cepat akan sangat menentukan terhadap penanganan kebakaran. Oleh karenanya saya minta segera lapor bila menjumpai potensi kebakaran di wilayah masing-masing,” ujar dia.

Risma menambahkan, dalam berkoordinasi pihaknya memanfaatkan perangkat handy-talkie atau HT. Dikatakan alumnus ITS ini, bahwa pola komunikasi semua dipusaatkan ke Bakesbangpol-Linmas Surabaya. “Termasuk PLN, kepolisian hingga aparat yang siaga di level RT dan RW. Semua satu koordinasi di linmas,” kata dia.

Bagi mereka yang menghabiskan masa liburan di luar kota, Risma menghimbau agar tetap mengutamakan keselamatan. “Tidak perlu kebut-kebutan. Jangan memaksakan diri di jalan. Utamakan selamat, toh tujuannya kan untuk silaturahmi,” ujar Risma.

Risma juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi para personel yang terlibat dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah dan libur panjang lebaran. “Sampaikan salam saya dan permohonan maaf bagi keluarga Anda, sebab demi kota ini Anda harus merelakan waktu-waktu liburan bersama keluarga Anda. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf,” tutur Risma.

Terpopuler