Menhub: Mudik Lebaran Lebih Teratur

Red: Esthi Maharani

Rabu 15 Jul 2015 19:13 WIB

Program Mudik Gratis Foto: antaranews Program Mudik Gratis

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan arus mudik Lebaran 2015 lebih teratur sehingga memberikan kenyamanan bagi pemudik pulang ke kampung halaman.

"Arus mudik lebih teratur, semua moda transportasi lancar," kata Menhub di depan Posko terpadu angkutan lebaran Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Rabu (15/7).

Menhub ke Kalsel untuk memantau kelancaran arus mudik di bandara setempat dan Pelabuhan Trisakti Bandarmasih di Kota Banjarmasin.

Menurut Menhub, penerbangan di seluruh bandara lebih rapi dan sesuai jadwal tanpa ada hambatan termasuk di Bandara Syamsudin Noor yang diwarnai lonjakan penumpang.

"Seluruh bandara diwarnai lonjakan jumlah penumpang seperti Bandara Syamsudin yang mencapai 8.333 orang pada H-3 atau Selasa (14/7)," kata Menhub.

Dijelaskan, meskipun bandara dipenuhi calon penumpang disamping kesibukan bandara meningkat tetapi jadwal penerbangan baik yang datang maupun berangkat tetap lancar.

"Bandara Soekarno Hatta menjadi sangat sibuk dan padat penerbangan, juga Bandara Juanda Surabaya, tetapi seluruh jadwal penerbangan lancar dan mengalir normal," katanya.

Selain menyebutkan aktivitas di bandara yang meningkat, Menhub juga menyampaikan aktivitas kapal penyeberangan seperti dari Merak ke Bakauheni dan sebaliknya juga lancar.

Kemudian, aktivitas di Pelabuhan Gilimanuk lancar dan normal dengan waktu tunggu kapal sekitar 15 menit sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang maupun barang.

Selanjutnya, jadwal perjalanan kereta api lancar, termasuk terminal bus dan arus lalu lintas di jalan raya pada umumnya tertib dan lancar meskipun diwarnai kecelakaan lalu lintas.

"Puncak arus mudik di beberapa daerah terjadi, Selasa (14/7) kemarin, sehingga sekarang seluruh moda transportasi lancar tanpa hambatan," katanya.

Terpopuler