Siang Ini Pantura Dipadati Pemudik

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 15 Jul 2015 14:10 WIB

 Sejumlah kendaraan memadati Jalur Pantura Indramayu, Jawa Barat, Jumat (1/8).  (Antara/Dedhez Anggara) Sejumlah kendaraan memadati Jalur Pantura Indramayu, Jawa Barat, Jumat (1/8). (Antara/Dedhez Anggara)

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pemudik jalur Pantura tampaknya harus lebih bersabar untuk bisa sampai ke tujuan masing-masing dengan cepat. Kelengangan yang sempat terjadi dalam lima hari terakhir ini, mulai sirna memasuki H-2 Lebaran 2015, Rabu (15/7).

Membludaknya volume kendaraan yang masuk ke Pantura baik via jalur arteri melintasi Simpang Jomin dan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) kondisinya saat ini sama-sama padat. Meski tak sampai macet parah seperti tahun-tahun sebelumnya, kondisi lalu lintas padat merayap terlihat di dua jalur ini sejak Rabu (15/7) dini hari.

Di Karawang hingga Simpang Jomin, kendaraan mulai dari mobil pribadi, bus, hingga sepeda motor secara masif terus mengalir ke Pantura melalui Jalur ini.

Kepadatan berlanjut hingga ke Cirebon. Ruas jalanan Kota Cirebon yang merupakan bagian dari Jalur Pantura padat merayap daru Gerbang Tol Plumbon hingga Kedawung. Lalu lintas lancar baru terlihat setelah memasuki jalur Pantura Indramayu.

"Itu hasil pantauan CCTV yang terpusat di pusat pos pengamanan arus mudik Jabar. Koordinasi dengan petugas di lapangan trus dilakukan," kata Kepala Pos Pengamanan Arus Mudik Cikopo, Polda Javar, AKBP Indra Jafar dihubungi Rabu (15/7).

Adapun, jalur Pantura Jawa Barat hanya terpantau lengang puluhan kilometer di arteri Indramayu. Di sini, tampak pemudik banyak memilih untuk beristirahat di tempat-tempat peristirahatan setelah lelah menghadapi kepadatan arus.

Terpopuler