Begini Cara Warga Riyadh Sambut Idul Fitri

Rep: c 30/ Red: Indah Wulandari

Rabu 15 Jul 2015 09:37 WIB

Petugas kebersihan membersihkan sebuah masjid di Riyadh, Arab Saudi. Foto: arab news Petugas kebersihan membersihkan sebuah masjid di Riyadh, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Warga kota Riyadh, Arab Saudi bersiap menyambut Idul Fitri 1436 Hijriah, Jumat (17/7) mendatang dengan menghiasi sudut-sudut kota.

Selain memasang dekorasi khusus dan lampu di jalan-jalan kota dan persimpangan utama, warga Riyadh  mempunyai sejumlah program yang menghibur publik, seperti mal, taman, dan pusat perbelanjaan.

Jalan utama kota, termasuk Raja Fahd Road dan Khurais Road pun telah dihiasi dengan bendera warna-warni dengan salam Idul Fitri.

Mal-mal pun terlihat penuh. Banyak keluarga membawa anak-anak tengah memilih beberapa pakaian untuk dikenakan saat Idul Fitri.

Perempuan Saudi tidak ketinggalan membeli permainan souk di Batha. Permainan ini sebagai kado hadiah lebaran untuk anak-anak yang datang  berkunjung mengucapkan salam Idul Fitri.

Peningkatan juga terjadi di toko parfum. Banyak terlihat baik laki-laki maupun perempuan tengah memilah-milah untuk membeli parfum.

Sementara, takmir masjid setempat ikut merasakan kemeriahan Idul Fitri dengan memasang karpet baru. "Karpet baru biasanya disediakan oleh departemen masjid dari Kementerian Urusan Islam, dakwa,bimbingan, dan wakaf," ujar imam Masjid Nasseriyah, dilansir dari ArabNews, Rabu (15/7).

Selain dari pemerintah, masyarakat dermawan sekitar masjid juga menyumbang dengan sukarela apabila ada karpet masjid yang memang harus diganti. Beberapa masyarakat yang lain menyumbangkan tenaganya untuk membantu membersihkan bangunan masjid.

Sebanyak 3.000 masjid yang ada di Riyadh mayoritas dimiliki oleh Kementerian Urusan Islam, Dakwah, Bimbingan, dan Wakaf.

Terpopuler