Beras Apa yang Cocok Dibuat Ketupat?

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Karta Raharja Ucu

Selasa 14 Jul 2015 05:15 WIB

Ketupat, simbol kebahagian dalam Idul Fitri Foto: Republika/Wihdan Hidayat Ketupat, simbol kebahagian dalam Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketupat sudah menjadi menu wajib saat Lebaran. Lalu apa sih jenis beras yang tepat untuk dibuat ketupat?

Direktur Utama PT Buyung Poetra Sembada Sukarto Bujung menjelaskan, beras yang paling cocok dijadikan bahan dasar membuat ketupat adalah beras jenis IR 42 atau beras pera.

"Dengan memakai beras jenis ini, ketupat akan lebih bagus bentuknya dan enak rasanya. Ketupat tidak akan pecah-pecah saat dipotong," kata Sukarto, Senin (13/7).

Sukarto mengatakan, pihaknya pun mulai menyasar pangsa pasar beras pera dengan meluncurkan beras bernama Super Belida. Ia yakin beras produksi perusahaannya bisa dijadikan pilihan bagi masyarakat apabila membutuhkan beras untuk keperluan membuat ketupat, lontong, hingga nasi goreng.

"Beras produksi kami tidak lengket. Sangat cocok kalau dibuat ketupat yang biasanya dipadukan dengan kuah opor ayam," ujarnya.

Ditambahkan Sukarto, beras Super Belida memang belum tersedia banyak di pasaran. Tapi sudah bisa didapatkan di beberapa swalayan besar. Harganya berada di kisaran Rp 60-80 ribu untuk kemasan lima kg.

"Untuk beras pera, kami memang masih dalam tahap tes pasar. Kalau memang permintaannya banyak, kami akan perluas lagi penjualannya," kata Sukarto.

Terpopuler