Syekh Essam dan Syekh Abdulaziz Pimpin Qiyamullail I'tikaf Akbar di MASK

Red: Irwan Kelana

Selasa 14 Jul 2015 00:50 WIB

Syekh Essam (kanan) dan Syekh Abdulaziz (kiri) bersama Ketua Dewan Pengurus MASK H M Aksa Mahmud Foto: Irwan Kelana/Republika Syekh Essam (kanan) dan Syekh Abdulaziz (kiri) bersama Ketua Dewan Pengurus MASK H M Aksa Mahmud

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Qiyamullail dalam rangka i’tikaf akbar di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng, Jakarta Pusat, malam ini akan dipimpin oleh dua imam dari Madinah, yakni Syekh Essam Al-Mizjaji dan Syekh Abdulaziz. “Qiyamullail akan dimulai pukul 02.00 hingga pukul 03.00,” kata Ketua Panitia Ramadhan 1436 H MASK Ustadz Mulyadi kepada Republika saat ditemui di MASK Jakarta, Rabu (14/7) dini hari.

Ia menambahkan, sebelum qiyamullail dilaksanakan, aka nada ceramah i’tikaf kedua yang disampaikan oleh Ustadz Das’ad Latief dari Makassar. Ia akan tampil pada pukul 01.00 hingga menjelang pukul 02.00. “Ceramah i’tikaf pertama disampaikan oleh Ustadz Rachmat Syarif pada pukul 23.00 hingga menjelang pukul 24.00,” tuturnya.

MASK menggelar i’tikaf selama 10 malam terakhir Ramadhan. “Tiap malam jumlah jamaah I’tikaf rata-rata sekitar 2.000-3.000 orang. Pada I’tikaf akbar ini jumlah jamaah diperkirakan mencapai  sekitar 5.000 sampai 6.000 orang,” ujarnya.

Menurut Mulyadi, jamaah I’tikaf akbar MASK terus berdatangan sejak Isya. Jumlahnya terus bertambah. “Ruang ibadah utama penuh. Aula Sakinah juga penuh. Demikian pula Serambi Jayakarta. Para jamaah meluber hingga ke lorong-lorong masjid dan pekarangan masjid,” papar Ustadz Mulyadi.

Terpopuler